PAUD Bija Shanti Bermain Memilah Sampah di Rumah Kompos Desa Adat Padangtegal

Pengetahuan memilah sampah sangat penting dalam mengawali langkah untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada. Membiasakan membuang sampah dengan memilah sampah terlebih dahulu akan lebih baik jika dilakukan sejak usia dini, karena diusia inilah karakter seseorang akan dibentuk. PAUD Bija Shanti yang terletak di jalan Jembawan Desa Adat Padangtegal merupakan lembaga pendidikan anak usia dini. Para pengajar sudah menerapkan kebiasaan hidup yang selaras dengan lingkungan kepada anak-anak didikannya. Seperti contoh anak-anak diwajibkan membawa botol minuman yang bisa direffil, wajib membawa kotak makanan tanpa kemasan plastik, memilah sampah menjadi 2 jenis (sampah organik dan non organik) di sekolah serta memiliki kegiatan rutin bakti sosial membersihkan sampah plastik di beberapa tempat serta berkebun dengan menggunakan barang-barang bekas.



Karena di sekolah mereka sudah terbiasa memilah sampah menjadi 2 jenis, pada beberapa kali kesempatan PAUD Bija Shanti juga mengajak anak-anaknya mengunjungi Rumah Kompos Desa Adat Padangtegal. Rumah Kompos Desa Adat Padangtegal merupakan layanan jasa pengangkutan sampah terpilah yang mengangkut sampah terpilah di sekolah tersebut. Disini anak-anak melihat bagaimana sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, sampah non organik dilakukan pemilahan kembali sehingga apa yang mereka lakukan di sekolah tidak hanya sebatas memilah saja, tetapi memang benar diolah. Dengan pengalaman melihat proses pengolahan dan pemilahan sampah secara langsung, maka akan tertanam kepada anak-anak mengenai cinta lingkungan dan pentingnya memilah sampah dari sumbernya sehingga kelak diharapkan menjadi suatu kebiasaan baru yang tumbuh di masyarakat. 



Di Rumah Kompos anak-anak tidak hanya melihat pengolahan sampah secara langsung, tapi juga bermain games memilah sampah serta menyaksikan beberapa video kartun pendek tentang pentingnya pemilahan sampah. Disini anak-anak sangat senang karena dapat bermain sekaligus menonton kartun dan tentunya mendapatkan hadiah dari games memilah sampah.


Diakhir acara kunjungan anak-anak PAUD Bija Shanti mereka menikmati bekal makan siangnya di ruang teater edukasi. Dan yang paling sangat mengharukan setelah makan mereka bekerja sama membersihkan ruang teater sebagai rasa terima kasihnya ke Rumah Kompos Desa Adat Padangtegl. Semoga ke depannya Rumah Kompos dapat bekerja sama dengan sekolah-sekolah lain dalam mengajak memulai kebiasaan baru memilah sampah dari sumbernya. Sehingga kebiasaan membuang sampah sembarangan bisa kita tinggalkan.



Komentar

Postingan Populer