Misi dan Visi

Visi :
Menjadikan Desa Adat Padangtegal desa yang bersih dan hijau sekaligus sebagai desa percontohan dalam hal pengelolaan sampah.

Misi :
Memasyarakatkan cara pandang baru bahwa sampah adalah sumber daya.
Menyediakan berbagai fasilitas pengolahan sampah untuk kepentingan warga dan umum
Memberikan edukasi kepada warga tentang berbagai metode pengelolaan sampah, pentingnya menanam dan sekaligus bahaya penanganan sampah yang tidak tepat

Goal :
Mendistribusikan tong sampah terpilah dan komposter kepada 635 keluarga dan tong sampah di tempat umum desa tahun 2013. (met)
Memiliki 3 truk dan 3 gerobak sarana transportasi angkut sampah. tahun 2013 (met)
Memiliki learning center (Rumah Kompos) sebagai tempat edukasi tentang pengolahan sampah sekaligus sebagai kantor tim kebersihan. tahun 2013 (met)
Memiliki layanan pengambilan sampah terpilah yang mandiri tahun 2013. (met)
Memiliki jadwal pengajaran regular tentang pengolahan sampah di learning center (Rumah Kompos) untuk warga dan pengusaha tahun 2014
Terbentuk budaya masyarakat memilah dan memanfaatkan sampah yang konsisten 100% warga telah memilah sampah dan 50 % sudah memanfaatkan sampah) tahun 2015 .
Memiliki kebun organik seluas 1 hektar yang memanfaatkan pupuk kompos dari sampah desa tahun 2015
Tercipta Desa Adat Padangtegal yang hijau dimana setiap keluarga di Desa Adat Padangtegal telah memanfaatkan kompos untuk kebun di pekarangan, tegalan atau sawah tahun 2016.

Tactic and Action:
Melakukan survey lapangan dan study banding dengan beberapa tempat yang telah mempunyai pengelolaan sampah (done)
Mengajukan usulan sistem pengelolaan sampah mandiri untuk Desa Adat Padangtegal pada rapat khusus anggota sabha dan pengurus desa. (done)
Meminta persetujuan seluruh warga melalui umum desa mengenai program kerja pengelolaan sampah. (done)
Melakukan sosialisasi kepada warga desa dan pengusaha yang ada di Desa Adat Padangtegal tentang program Clean dan Green. (done)   
Merekrut dan membentuk tenaga kebersihan professional yang menjadi tim clean & green (done)
Pembuatan buku panduan tentang Padangtegal Clean &  Green. (done)
Membangun Rumah Kompos sekaligus sebagai learning center pengelolaan sampah. (done)
Mengadakan kuiz berhadiah yang diikuti oleh warga  dengan materi yang diambil dari buku panduan yang dibagikan kesetiap keluarga desa. (done)
Melakukan penilaian setiap hari terhadap hasil pemilahan sampah yang dilakukan oleh warga dan pengusaha. (on progress)
Melakukan  evaluasi 3 bulanan dan pemberian penghargaan kepada keluarga yang telah melakukan pemilahan sampah dengan baik. (on progress)
Memberikan setifikat penghargaan kepada pengusaha yang telah bergabung dalam program pemilahan sampah.
Membuat percontohan berbagai metode pengolahan sampah di learning centre (Rumah Kompos). (on progress)
Membuat percontohan  kebun dengan lahan sempit dengan pemanfaatan sampah di learning centre (Rumah Kompos)
Membuat modul-modul pengajaran yang akan diberikan di learning centre.
Melakukan koordinasi dengan para kelian banjar  dan pengusaha di lingkungan Desa Adat Padangtegal untuk dapat membuat jadwal penyuluhan dan pelatihan tentang pengelolaan sampah yang baik kepada warga desa dan karyawan perusahaan
Memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang pengelolaan sampah yang baik kepada warga desa dan karyawan perusahaan dalam usaha mencapai goal jangka pendek dan jangka panjang dari program Desa Adat Padangtegal Clean & Green dapat tercapai.
Memberikan penghargaan tahunan kepada warga desa yang telah melakukan pemilahan dan pemanfaatan sampah dengan baik sekaligus melakukan usaha penghijaun dilingkungan rumah tangganya.
Memberikan penghargaan tahunan sekaligus grade kepada pengusaha yang telah melakukan pemilahan dan pemanfaatan sampah dari usaha mereka.
Melakukan kerjasama dengan sekolah sekolah disekitar ubud dengan memberikan buku panduan, penyuluhan tentang pengolahan sampah dan kerjasama bank sampah.
Melakukan kampanye tentang pengelolaan sampah melalui rapat PKK, upacara keagamaan dan acara-acara desa (contoh pertunjukan wayang bertemakan lingkungan-pengelolaan sampah).
Menyelenggarakan lomba-lomba yang bertemakan pengelolaan sampah.